Sejarah Singkat Smk Praskab Jambi

By Nur Wahid, S.Kom 03 Agu 2018, 19:50:09 WIB

Dulu namanya SMK Karang Berahi…) yang berdiri pada tahun 2003 berdasarkan SK Diknas nomor 900/241.0/PDK/2003 tertangal 29 Agustus 2003, Kelompok Bidang Teknologi dan Industri dengan program – program keahliannya:

  •  Teknik Bangunan FTeknik Elektro
  •   Teknik Listrik FTeknik Mesin
  •   Teknik Otomotif

yang dikepalai oleh Drs Helmi. MT, beralamatkan di Jl. Bakarudin Sipin Ujung dengan tepatnya meminjam gedung SMK Negeri 3 Jambi, proses belajar mengajarnya pada sore hari. Setelah berjalan sekian tahun SMK Karang Berahi tersebut mengalami gejolak yang berdampakkan negatif bagi seluruh jajaran personilnya. Pada tahun 2004 diambil kebijakan oleh yayasan untuk mengatasi hal tersebut dengan meresufle struktur, maka diangkatlah saudara Drs. IKHWAN sebagai Kepala Sekolah (yang bermodalkan stempel, dengan kondisi keungan yang tidak stabil).

Drs. IKHWAN beserta yayasan menggambil kebijakan untuk mengganti nama sekolah ini menjadi “SMK PRASASTI KARANG BERAHI”. Nama ini diilhami oleh salah satu peninggalan sejarah yang berada di daerah Merangin Propinsi Jambi yaitu Prasati Karang Berahi. Masyarakat setempat mengenal sekolah ini dengan nama SMK PRASKAB dibawah naugan Yayasan Dyan Prima Jambi sampai sekarang.

Kepala sekolah dari masa – kemasa;

1. Tahun 2003 – sampai dengan pertengahan tahun 2004

? Drs. HELMI. MT.

2. Tahun 2004 – sampai dengan sekarang

? Drs. IKHWAN

Memandang perlunya peningkatan dalam segala kegiatan di SMK PRASKAB maka dianggap perlu lokasi yang bisa mengembangkan sekolah ini. Dan pada awal tahun 2006 SMK PRASKAB menempati gedung eks SD 56 Kelurahan Beringin walaupun proses belajar mengajar pada saat itu masih beralaskan tikar, dengan penuh semangat kegiatan PBM tetap berjalan. Alhamdulliah sekarang pasilitas sudah mulai terpenuhi meskipun masih banyak kendala yang dihadapi dalam meningkatkan dan mamajukan pendidikan di kota Jambi.

Gambar (Proses Belajar Mengajar beralaskan tikar)

Keadaan saat sekarang ini perlu pengembangan yang merata dalam pendidikan terutama smk. Dari itu SMK PRASKAB mampu mewujudkan misi untuk menciptakan tenaga – tenaga muda terampil dibidangnya, serta yang profesional.

PRASASTI KARANG BERAHI adalah nama yang tepat, mengandung arti filosofi kemauan yang kuat, berprinsip dan akan mudah dikenal dan dikenang sama seperti layaknya batu prasasti karang berahi.

Sasaran

Visi

Misi

Menciptakan siswa menjadi tenaga kerja terampil, mandiri, professional dibidangnya, bertaqwa dan berbudi luhur.

1. Mewujudkan tenaga kerja terampil tingkat menengah.

2. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik

3. Melaksanakan Proses Belajar Mengajar secara maksimal.

4. Terus menerus berupaya meningkat kompetensi, adaftasi, relevansi berdasarkan kurikulum yang berbasis produksi, melengkapai fasilitas diklat.

5. Meningkatkan manajemen dan manajerial sekolah dalam mengikuti IPTEK di era global.

“ Menuju Akreditasi Internasional”

 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

PRASASTI KARANG BERAHI

(SMK PRASKAB)

 

          Sesuai dengan kontek pengejawantahan dalam rencana pemerintah yang tertuang di dalam penjelasan umum PP. No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, untuk mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Dengan muatan adanya pemberian kesempatan yang sangat luas demi pemerataan kesempatan bagi anak usia sekolah untuk mendapatkan pendidikan itu sendiri.

Dan target pemerintah yang telah dikumandangkan sejak tahun 2007, untuk menciptakan perbandingan 40 : 60 antara SMU dengan SMK. Demi mengingat perkembangan kondisi saat ini yang memerlukan tenaga menengah dengan kemampuan teknologi dan informatika untuk bersaing di era globalisasi. Maka SMK harus dikondisikan sedemikian rupa, dengan kata lain, SMK – SMK harus dapat mampu menumbuhkembangkan “image” positif ditengah masyarakat yang notabene sesuai dengan kebutuhan keinginan dan masa depan sehingga tercipta suatu paradigma bahwa SMK adalah pilihan yang baik dan bagus untuk kelanjutan pendidikan dari jenjang SLTP/MTS sederajat.

Untuk memenuhi tuntutan di atas, SMK Prasasti Karang Berahi (SMK PRASKAB) Kota Jambi Propinsi Jambi yang merupakan SMK Teknologi dan Industri, hadir dengan program jurusan andalan, yang dilengkapi dengan SDM teruji yang memiliki “backround” dan “skill” di dunia pendidikan dan keteknikan itu sendiri. Adapun program jurusan yang dimiliki oleh SMK PRASKAB saat ini adalah Teknik Bangunan, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif, serta

akan dibuka program pengembangan terbaru TEKNIK INFORMASI dan PENERBANGAN.

Ke depan nantinya SMK PRASKAB akan membuka jurusan Penerbangan. Hal mana dasar pemikiran untuk pembukaan jurusan baru ini adalah dengan luasnya lapangan kerja dibidang penerbangan sementara pada sisi yang demikian, tenaga muda yang siap pakai masihlah belum mencukupi.

Tidak cukup hanya SDM saja, SMK PRASKAB juga telah melengkapi diri dengan sarana dan prasarana pembelajarannya, baik laboratorium maupun ruang kelas. Pada program Jurusan Teknik Otomotif misalnya, SMK PRASKAB telah memiliki TwoPost Life, Multiscan Engine, Engine Stand, Generator Engine, Mesin Las, Mesin Potong, Mesin Press, dan beberapa mesin lainnya. Sementara pada Jurusan Elektro mendalami program tambahan Pemanfaatan Teknologi Energi Listrik SMK PRASKAB memiliki Generator Listrik 3 Phase 10.000 Watt dan refrigerator, serta Labor Komputer P4 D2 dan dengan sistim LAN (Local Area Network) dan Jaringa SPEEDY.

Sebagai sekolah yang baru berdiri, SMK PRASKAB telah menggoreskan prestasi yang cukup baik. Tahun 2006, seorang siswa SMK PRASKAB berhasil melaju ke tingkat Nasional mewakili Propinsi Jambi untuk Lomba Keterampilan Siswa (LKS).

Pada tahun 2007, Badan Akreditasi Sekolah Nasional melalui BAS Propinsi Jambi telah menetapkan nilai Akreditas B untuk SMK PRASKAB dengan surat BAS Prop. Jambi Nomor.66/BAS Prop JBI/II/2007. Hal ini dikarenakan Unit Produksi yang dimiliki SMK PRASKAB telah memberi proses pendidikan tersendiri dalam dunia reparasi mobil atau motor dan rekonstruksi body.

Menangapi Foreword

Direktorat Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional ada tiga pilar utama dalam menghasilkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif :

Satu (1) Pemerataan dan perluasan akses pendidikan

Dua (2) Peningkatan Mutu, relevansi, dan daya saing

Tiga (3) Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Hal tersebut merupakan referensi dalam pengembangan SMK dimasa yang akan datang yang mengundang SMK PRASAKAB untuk menerapkan Sistem Manajemen Terbuka Eklusive dengan metode jaringan kerja (Team Work) yang diterapkan di SMK PRASKAB, Drs. Ikhwan, sebagai Kepala Sekolahnya memberi peluang kepada semua elemen sekolah dalam pendelegasian untuk peningkatan dan pengembangan dimasa depan, baik dalam konteks internal maupun eksternal. Ide-ide positif di SMK PRASKAB tidak memerlukan system birokrasi yang rumit untuk mewujudkannya.

SMK PRASKAB juga memiliki SDM “ tak terikat secara administrasi” yang intens tetapi memberikan kontribusi positifnya demi kemajuan SMK PRASKAB itu sendiri. Mereka hadir dengan background dan Skill dalam nuansa pengabdian yang professional atau dengan kata lain, personil pendukung di SMK PRASKAB tidak mengedepankan keuntungan dalam bentuk materi. Melainkan kerjasama yang saling menguntungkan lah yang menjadi acuan.

Interaksi sekolah dengan orang tua (wali murid) merupakan kekuatan lain yang dimiliki oleh SMK PRASKAB. Selain peran serta aktif dari Komite Sekolah yang intensif, SMK PRASKAB juga membina hubungan yang kondusif dengan masyarakat sekitar. Lebih dari itu SMK PRASKAB telah membina kerjasama saling menguntungkan dengan SMK-SMK lain di kota Jambi khususnya dan Propinsi Jambi bahkan Indonesia pada

umumnya.

Secara eksternal, SMK PRASKAB telah mejalin kerjasama dengan beberapa perusahaan di Kota Jambi ataupun Propinsi Jambi. Kerjasamadimaksud dalam bentuk penyediaan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan perusahaan dan penyediaan sparepart yang diperlukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan demikian, memungkinkan bagi setiap tamatan yang berprestasi untuk langsung diterima bekerja setelah tamat dari SMK PRASKAB nantinya. Kerjasama dimaksud juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memberikan dukungannya dalam bentuk fasilitas pendidikan bagi SMK PRASKAB.

Kemudian dalam hal biaya, SMK PRASKAB sebagaimana SMK Teknologi dan Industri lainnya yang sarat dengan kebutuhan biaya praktek yang lumayan tingi telah mensiasati pola pembiayaan bertahap dan terjangkau. Sehingga memungkinkan untuk memberikan tenggang waktu cukup bagi wali murid untuk melunasi kewajibannya. Selain itu, SMK PRASKAB juga menyediakan beasiswa bagi siswa tidak mampu yang berprestasi baik dari pemerintah ataupun subsidi dari sekolah atau yayasan.

Dalam pengembangannya

SMK PRASKAB tetap mengacu pada kurikulum yang sesuai

KONSENTRASI JURUSAN

1. Teknik Mekanik Otomotif

· Mobil Bensin

· Mobil Diesel

· Mobil EFI

· Sepeda Motor

· Body

2. Teknik Las

· Las Busur Manual

· Las MIG (Metal Inner Gas)

· Las TIG (Tungsten Inner Gas)

· Las Potong

· Las Acetiline (karbit)

3. Teknik Pemanfaatan Energi Listrik

· Reparasi Mesin Listrik

– Motor-motor listril

– Generator (Dinamo)

– Alat Rumah Tangga

– Mesin Pendingin (AC, Kulkas)

· Instalasi

– Penerangan

– Industri

Dengan jurusan baru Teknik Komputer & Jaringan