Sejarah Singkat PHP (Hypertext Preprocessor )

Penulis Nur Wahid, S.Kom 05 Agu 2018, 10:06:05 WIB Materi Pembelajaran
Sejarah Singkat PHP (Hypertext Preprocessor )

Pada tahun 1992, dirilis PHP/FI versi 2.0 yang kemampuannya telah dapat mengakses database dan terintegrasi dengan HTML. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan pada program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/Fi secara signifikan.

 

Pada tahun 1997, perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih,lebih baik dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis PHP versi 3.0.

 

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP versi 4.0. Perubahan yang paling mendasar dari PHP 4.0 ini adalah terintegrasi nya Zend engine yang dibuat oleh Zend Suraski dan Andi Gutmans yang merupakan penyempurnaan dari PHP scripting engine. Yang lainnya adalah build in HTTP session, tidak lagi menggunakan library tambahan. Tujuan dari bahasa scripting ini adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan di atas teknologi web. Dalam hal ini, aplikasi pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalakan pada web server. PHP ini  adalah PHP yang paling banyak digunakan dikarenakan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

 

Pada Juni 2004, Zend merilisi PHP versi 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini  juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

 

Pada 13 Juli 2004 ,Evolusi PHP,PHP telah mengalami banyak sekali perbaikan disegala sisi, dan wajar jika netcraft mengumumkan PHP sebagai bahasa web yang popular di dunia, karena tercatat 19 juta domain telah menggunakan PHP sebagai server side scriptingnya.

 

Dan hingga saat ini pengguna PHP pun semakin bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

 

Kemudian ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis. Versi ini pertama kali keluar tahun 1995. isinya adalah sekumpulan script PERL yang dibuatnya untuk membuat halaman webnya menjadi dinamis. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut secara umum  dan menamakannya PHP/FI, kependekan dari "Hypertext Preprocessor"/"Form Interpreted".

 

PHP pertama kali ditemukan pada tahun 1995 oleh seorang developer bernama Rasmos Lerdrof. Ide awal PHP ini adalah ketika itu Rasmus ingin mengetahui jumlah pengunjung yang membaca resume onlinenya. Script yang dikembangkan baru dapat melakukan dua pekerjaan , yakni merekam informasi visitor dan menampilkan jumlah pengunjung dari suatu website.




Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar


Pencarian

Hari Minggu, 08 Des 2019, Jam

Loading....


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 1

  • Today Visitor 1

  • Hits hari ini 18

  • Total pengunjung 19854

  • IP Anda 35.170.81.210

Jejak Pendapat

Menurut Anda, Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah?
  Moralitas Siswa/i
  Kedisiplinan Siswa/i
  Saran dan Prasarana Sekolah
  SDM Guru
  Manajemen Sekolah

Video Terbaru

Lihat Semua Video